MANUSIA DAN KEADILAN
A. Pengertian Keadilan
Berbicara tentang keadilan akan banyak sekali timbul
penafsiran ataupun pendapat yang menjelaskan tentang keadilan dari berbagai
sudut pandang dan latar belakang pendidikan. Salah satu Pengertian keadilan
adalah suatu kondisi kebenaran ideal secara moral mengenai sesuatu hal, baik
menyangkut benda ataupun orang.
Dalam Al-Qur’an sendiri ada beberapa pengertian yang
berkaitan dengan Keadilan yang berasal dari kata ‘adl, yaitu sesuatu
yang benar, sikap yang tidak memihak, penjagaan hak-hak seseorang dan cara yang
tepat dalam mengambil keputusan. Kebanyakan orang percaya bahwa ketidakadilan
harus dilawan dan dihukum. Pada intinya Keadilan adalah meletakkan segala
sesuatunya pada tempatnya atau proporsional
B. Kategori Keadilan
Menurut Adam Smith,- Keadilan Komutatif,
Prinsip dari keadilan komutatif tidak merugikan dan melukai orang lain baik sebagai manusia, anggota keluarga, ataupun anggota masyarakat, baik menyangkut pribadinya, miliknya atau reputasinya. - Keadilan Distributif,
Prinsipnya adalah bahwa manusia secara kodrati mempunyai rasa setia kawan yang kuat yang tidak begitu saja membiarakan sesamanya hidup menderita.
- Secara Kebahasaan
Al’adl adalah sebagai suatu keseimbangan. - Secara Keagamaan
(Fiqh) Al’adl menjadi Al’adalah yang dapat diartikan sebagi daya psikologis yang menolak perbuatan buruk dan mendorong perbuatan baik. - Secara Umum,
sebagai lawan dari kedzaliman berupa Keadilan Intelektual yaitu meletakkan keyakinan pada tempatnya yang benar atau meyakini sesuatu secara proporsional dan Keadilan Faktual yaitu meletakkan suatu perbuatan pada tempat yang layak. Keadilan Faktual ada 2 macam, yaitu Keadilan Subjektif (perbuatan sempurna terhadap diri sendiri) dan Keadilan Objektif (perbuatan sempurna terhadap selain diri sendiri.
- Berbagai Macam Keadilan
A. Keadilan Legal atau Keadilan MoralPlato berpendapat bahwa keadilan clan hukum merupakan substansi rohani umum dan masyarakat yang membuat clan menjaga kesatuannya. Dalam suatu masyarakat yang adil setiap orang menjalankan pekerjaan yang menurut sifat dasarnya paling cocok baginya (Tha man behind the gun). Pendapat Plato itu disebut keadilan moral, sedangkan, Sunoto menyebutnya keadilan legal.Keadilan timbul karena penyatuan dan penyesuaian untuk memberi tempat yang selaras kepada bagian-bagian yang membentuk suatu masyarakat. Keadilan terwujud dalam masyarakt bilamana setiap anggota masyarakat melakukan fungsinya secara balkmenurut kemampuannya. Fungsi penguasa ialah membagi-bagikan fungsi-fungsi dalam negara kepada masing-masing orang sesuai dengan keserasian itu. Setiap orang tidak mencampuri tugas dan urusan yang tidak cocok baginya.Ketidakadilan terjadi apabila ada campur tangan terhadap pihak lain yang melaksanakan tugas-tugas yang selaras sebab hal itu akan menciptakan pertentangan dan ketidakserasian. Misalnya, seorang pengurus kesehatan mencampuri urusan pendidikan, atau seorang petugas pertanian mencampuri urusan petugas kehutanan. Bila itu dilakukan maka akan terjadi kekacauan.B. Keadilan DistributifAristoles berpendapat bahwa keadilan akan terlaksana bilamana hal-hal yang sama diperlakukan secara sama dan hal-hal yang tidak sama secara tidak sama (justice is done when equals are treated equally). Sebagai contoh, Budi bekerja selama 30 hari sedangkan Doni bekerja 15 hari. Pada waktu diberikan hadiah harus dibedakan antara Ali dan Budi, yaitu perbedaan sesuai dengan lamanya bekerja. Andaikata Budi menerima Rp.100.000,- maka Doni harus menerima. Rp 50.000. Akan tetapi bila besar hadiah Ali dan Budi sama, justru hal tersebut tidak adil dan melenceng dari asas keadilan.C. Keadilan KomutatifKeadilan ini bertujuan memelihara ketertiban masyarakat dan kesejahteraan umum. Bagi Aristoteles pengertian keadilan itu merupakan asas pertalian dan ketertiban dalam masyarakat. Semua tindakan yang bercorak ujung ekstrim menjadikan ketidakadilan dan akan merusak atau bahkan menghancurkan pertalian dalam masyarakat.
- Berbagai Macam Keadilan
C. Keadilan Sosial
Negara pancasila adalah negara kebangsaan yang berkeadilan
sosial, yang berarti bahwa negara sebagai penjelmaan manusia sebagai Makhluk
Tuhan yang Maha Esa, sifat kodrat individu dan makhluk sosial bertujuan untuk mewujudkan
suatu keadilan dalam hidup bersama (Keadilan Sosial). Keadilan sosial tersebut
didasari dan dijiwai oleh hakikat keadilan manusia sebagai makhluk yang beradab
(sila II). Manusia pada hakikatnya adalah adil dan beradab, yang berarti
manusia harus adil terhadap diri sendiri, adil terhadap Tuhannya, adil terhadap
orang lain dan masyarakat serta adil terhadap lingkungan alamnya.
Dalam hidup bersama baik dalam masyarakat, bangsa dan negara
harus terwujud suatu keadilan (Keadilan Sosial), yang meliputi tiga hal yaitu :
keadilan distributif (keadilan membagi), yaitu negara terhadap warganya,
kedilan legal (keadilan bertaat), yaitu warga terhadap negaranya untuk mentaati
peraturan perundangan, dan keadilan komutatif (keadilan antarsesama warga
negara), yaitu hubungan keadilan antara warga satu dengan lainnya secara timbal
balik (Notonagoro, 1975).
Sebagai suatu negara berkeadilan sosial maka negara
Indonesia yang berlandaskan Pancasila sebagai suatu negara kebangsaan,
bertujuan untuk melindungi segenap warganya dan seluruh tumpah darah, memajukan
kesejahteraan umum, serta mencerdaskan warganya (tujuan khusus). Adapun tujuan
dalam pergaulan antar bangsa di masyarakat internasional bertujuan : “.....ikut
menciptakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan perdamaian abadi dan
keadilan sosial. Dalam pengertian ini maka negara Indonesia sebagai negara
kebangsaan adalah berdasar keadilan sosial dalam melindungi dan mensejahterakan
warganya,demikian pula dalam pergaulan masyarakat internasional berprinsip
dasar pada kemerdekan serta keadilan dalam hidup masyarakat.
Realisasi dan perlidungan keadilan dalam hidup bersama daam
suatu negara kebangsaan, mengharuskan negara untuk menciptakan suatu peraturan
perundang-undangan. Dalam pengertian inilah maka negara kebangsaan yang
berkeadilan sosial harus merupakan suatu negara yang berdasarkan atas hukum.
Sehingga sebagai suatu negara hukum harus terpenuhi adanya tiga syarat pokok
yaitu ; pengakuan dan perlindungan atas hak-hak asasi manusia, peradilan yang bebas,
dan legalitas dalam arti hukum dalam segala bentuknya. Konsekuensinya sebagai
suatu negara hukum yang berkeadilan sosial maka negara Indonesia harus mengkui
dan melindungi hak-hak asasi manusia, yang tercantum dalam Undang-Undag dasar
1945 Pasal 27 ayat (1) dan (2),Pasal 28, Pasal 29 ayat (2), Pasal 31 ayat (1).
Demikianlah sebagai suatu negara yang berkeadilan maka negara berkewajiban
melindugi hak-hak asasi warganya, sebaliknya warga negara berkewajiban mentaati
peraturan perundang-undangan sebagai manifestasi keadilan legal dalam hidup
bersama.
Keadilan sosial berwujud hendak melaksanakan kesejahteraan
umum dalam masyarakat bagi segala warga negara dan penduduk. Keadilan sosial di
bidang kemasyarakatan menjadi suatu segi dari perikeadilan yang bersama-sama
dengan perikemanusiaan ditentang dan dilanggar oleh penjajah yang harus
dilenyapkan, seperti dirumuskan dalam Pembukaan alinea I. Demokrasi politik
berhubungan dengan keadilan sosial memberi hak yang sama kepada segala warga
dalam hukum dan susunan masyarakat negara, seperti dirumuskan dalam pasal 27
dan 31
- Persamaan kedudukan di dalam hukum dan pemerintahan,
- Kewajiban menjunjung hukum dan pemerintahan,
- Hak yang sama atas pekerjaan dan penghidupan yang layak,
- Mendapat pengajaran
Keadilan politik dan keadilan ekonomi ialah isi yang menjadi
terasnya keadilan sosial yang mengindahkan perkembangan masyarakat dengan
jaminan, supaya kesejahteran umum terlaksana. Keadilan sosial memberi
perimbangan kepada kedudukan perseorangan dalam masyarakat dan negara. Dengan
adanya keadilan sebagai sila kelima dari dasar filsafat negara kita, maka
berarti bahwa di dalam negara, makmur dan “kesejahteraan umum” itu harus
terjelma keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
- Kejujuran
Kejujuran atau jujur artinya apa-apa yang dikatakan
seseorang sesuai dengan hati nuraninya, apa yang dikatakan sesuai dengan
kenyataan yang ada. Sedang kenyataan yang ada itu adalah kenyataan yang
benar-benar ada. Jujur juga berarti seseorang bersih hatinya dari
perbuatan-perbuatan yang dilarang oleh agama dan hukum. Untuk itu dituntut satu
kata dan perbuatan, yang berarti bahwa apa yang dikatakan harus sama dengan
perbuatannya. Karena itu jujur berarti juga menepati janji atau kesanggupan
yang terlampir melalui kata-kata ataupun yang masih terkandung dalam hati
nuraninya yang berupa kehendak, harapan dan niat.
Jujur adalah tidak berbohong, lurus hati dan apa adanya.
Jujur juga berarti tidak curang dan mengikuti aturan yang berlaku. Semua
kehidupan manusia modal pertamanya adalah kepercayan. Kepercayan bahwa mereka
pasti jujur yang telah menjadi kesepakatan dan kepercayaan membaa kesuksesan.
Kejujuran memang pada awalnya akan mengorbankan “jangka
pendek” untuk sesuatu yang lebih baik pada “jangka panjang”. Kebohongan adalah
mengambil kenikmatan “jangka pendek” untuk sesuatu yang lebih buruk pada
“jangka panjang”.
Banyak orang sukses dan beberapa tahun kemudian mereka
hancur itu di karenakan mereka sukses untuk berbohong. Lihatlah Indonesia
mengalami kesulitan untuk maju itu di karenakan sebagian oknum pemerintahan
sukses untuk berbohong.
Lihatlah Singapura negara kecil lebih cepat maju daripada
Indonesia itu karena sebagian oknum pemerintahan belaku jujur. Kebesaran suatu
negara berawal dari individu yang jujur.
- Kecurangan
Kecurangan atau curang identik dengan ke tidak jujuran atau
tidak jujur, dan sama pula dengan licik, meskipun tidak serupa benar. Curang
atau kecurangan artinya apa yang diinginkan tidak sesuai dengan hari nuraninya
atau, orang itu memang dari hatinya sudah berniat curang dengan maksud
memperoleh keuntungan tanpa bertenaga dan berusaha. Kecurangan menyebabkan
orang menjadi serakah, tamak, ingin menimbun kekayaan yang berlebihan dengan
tujuan agar dianggap sebagai orang yang paling hebat, paling kaya, dan senang
bila masyarakat disekelilingnya hidup menderita. Bermacam-macam sebab orang
melakukan kecurangan. Ditinjau dari hubungan manusia dengan alam sekitarnya,
ada 4 aspek yaitu aspek ekonomi, aspek kebudayaan, aspek peradaban dan aspek
teknik. Apabila keempat asepk tersebut dilaksanakan secara wajar, maka
segalanya akan berjalan sesuai dengan norma-norma moral atau norma hukum. Akan
tetapi, apabila manusia dalam hatinya telah digerogoti jiwa tamak, iri, dengki,
maka manusia akan melakukan perbuatan yang melanggar norma tersebut dan jadilah
kecurangan.
Curang bisa berarti sedikit menyeleweng dari jalur yang ada.
Curang bisa juga di artikan suatu usaha seseorang tanpa kerja keras dan usaha
dengan maksud memperoleh keuntungan.
Apabila sikap curang di biasakan dalam kehidupan yang
terjadi adalah menyebabkan orang menjadi serakah, tamak, egois, ingin menang
sendiri. Korupsi merupakan salah satu bentuk kecurangan yang terjadi pada saat
ini.
Akibat dari korupsi ini yaitu merugikan negara dan dirinya
sendiri.
Unsur – unsur dari kecurangan :
- Harus terdapat salah
pernyataan
- Fakta bersifat
material
- Dilakukan secara
sengaja
- Dengan maksud untuk
menyebabkan suatu pihak beraksi
- Pihak yang di rugikan
harus beraksi terhadap salah pernyataan tersebut
yang merugikannya
- Pemulihan nama baik
Nama baik merupakan tujuan utama orang hidup. Nama baik
adalah nama yang tidak tercela. Setiap orang menajaga dengan hati-hati
agar namanya baik. Lebih-lebih jika ia menjadi teladan bagi
orang/tetangga disekitarnya adalah suatu kebanggaan batin yang tak ternilai
harganya. Penjagaan nama baik erat hubungannya dengan tingkah laku atau
perbuatan. Atau boleh dikatakan bama baik atau tidak baik ini adalah tingkah
laku atau perbuatannya.
Yang dimaksud dengan tingkah laku dan perbuatan itu, antara
lain cara berbahasa, cara bergaul, sopan santun, disiplin pribadi, cara
menghadapi orang, perbuatn-perbuatan yang dihalalkan agama dan sebagainya. Pada
hakekatnya pemulihan nama baik adalah kesadaran manusia akan segala
kesalahannya; bahwa apa yang diperbuatnya tidak sesuai dengan ukuran moral atau
tidak sesuai dengan ahlak yang baik. Untuk memulihkan nama baik manusia harus
tobat atau minta maaf. Tobat dan minta maaf tidak hanya dibibir, melainkan
harus bertingkah laku yang sopan, ramah, berbuat darma dengan memberikan
kebajikan dan pertolongan kepaa sesama hidup yang perlu ditolong dengan penuh
kasih sayang , tanpa pamrin, takwa terhadap Tuhan dan mempunyai sikap rela,
tawakal, jujur, adil dan budi luhur selalu dipupuk.
- Pembalasan
Pembalasan ialah suatu reaksi atas perbuatan orang lain.
Reaksi itu dapat berupa perbuatan yang serupa, perbuatan yang seimbang, tingkah
laku yang serupa, tingkah laku yang seimbang. Pembalasan disebabkan oleh adanya
pergaulan. Pergaulan yang bersahabat mendapat balasan yang bersahabat.
Sebaliknya pergaulan yagn penuh kecurigaan menimbulkan balasan yang tidak
bersahabat pula. Pada dasarnya, manusia adalah mahluk moral dan mahluk sosial.
Dalam bergaul manusia harus mematuhi norma-norma untuk
mewujudkan moral itu. Bila manusia berbuat amoral, lingkunganlah yang
menyebabkannya. Perbuatan amoral pada hakekatnya adalah perbuatan yang
melanggar atau memperkosa hak dan kewajiban manusia. Oleh karena itu manusia
tidak menghendaki hak dan kewajibannya dilanggar atau diperkosa, maka manusia
berusaha mempertahankan hak dan kewajibannya itu. Mempertahankan hak dan
kewajiban itu adalah pembalasan.
Sumber:
http://www.azhie.net/2012/04/pengertian-keadilan.html
http://susantnext.blogspot.com/2012/03/teori-keadilan-sosial.html
http://dadangpramono.wordpress.com/2013/04/20/manusia-dan-keadilan/
http://aditiodoank.wordpress.com/2011/04/03/macam-macam-keadilan/
http://susantnext.blogspot.com/2012/03/teori-keadilan-sosial.html
http://dadangpramono.wordpress.com/2013/04/20/manusia-dan-keadilan/
http://aditiodoank.wordpress.com/2011/04/03/macam-macam-keadilan/
0 komentar:
Posting Komentar