Perkembangan
sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) memegang peranan penting dalam
perekonomian Indonesia. Peranan UMKM dipandang sebagai katup penyelamat dalam
proses pemulihan ekonomi nasional baik dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi
maupun dalam penyerapan tenaga kerja.
Selanjutnya
Perusahaan, Berdirinya suatu perusahaan umumnya adalah untuk memperoleh laba,
meningkatkan penjualan, memaksimalkan nilai saham, dan meningkatkan
kesejahteraan pemegang saham. Persaingan bisnis yang ketat seiring dengan
perkembangan perekonomian mengakibatkan adanya tuntutan bagi perusahaan untuk
terus mengembangkan inovasi, memperbaiki kinerjanya, dan melakukan perluasan
usaha agar terus dapat bertahan dan bersaing. Kemampuan suatu perusahaan untuk
dapat bersaing sangat ditentukan oleh kinerja perusahaan itu sendiri.
Perusahaan yang tidak mampu bersaing untuk mempertahankan kinerjanya lambat
laun akan tergusur dari lingkungan industrinya dan akan mengalami kebangkrutan.
Agar kelangsungan hidup suatu perusahaan tetap terjaga, maka pihak manajemen
harus dapat mempertahankan atau terlebih lagi memacu peningkatan kinerjanya.
Secara umum kinerja suatu perusahaan ditunjukkan dalam laporan keuangan yang di
publikasikan.
Tidak
dapat dipungkiri bahwa salah satu sektor yang menopang perekonomian di Indonesia adalah dari sektor UMKM dan
perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia, karena melalui sektor ini semua
aspek yang berkaitan dengan pola kehidupan manusia bersumber, mulai dari sektor
konsumsi, pangan, dan papan, sebagai contoh dalam segi konsumsi banyak sekali
usaha-usaha UMKM yang berperan aktif, seperti usaha pengolahan hasil pertanian,
gabah, produksi pangan dan lain sebagainya.
Untuk
menunjang semua kinerja yang ada pada UMKM dan perusahaan-perusahaan tersebut
maka diadakannya rapat atau meeting. Metting merupakan pertemuan yang diadakan
oleh kariyawan yang ada dalam perusahaan tersebut atau pertemuan antar
perusahaan untuk mencapai suatu tujuan.Istilah meeting menjadi hal yang sering
didengar, jika telah bekerja, entah bekerja pada salah satu perusahaan, menjadi
dosen, ataupun seorang wirausaha. Seberapa efektifkah meeting dapat digunakan
untuk mencapai tujuan perusahaan? Sering kita mendengar, orang mengeluh…meeting
lagi…meeting lagi…kapan kerjanya?
Untuk
membahas apakah meeting memang perlu dilakukan, seberapa sering kah, seperti
apa aturan meeting agar peserta meeting tidak bosan dan sesuai tujuan.
Meeting
yang efektif diadakan di luar kantor. Beberapa alasan meeting tersebut efektif
di luar kantor :
- Rapat di kantor sendiri sulit konsentrasi karena fikiran peserta masih ingin menyelesaikan tugas rutin hariannya.
- Rapat di kantor sendiri juga masih terganggu oleh tamu tamu yg ingin bertemu dan telpon.
- Kualitas rapat di luar kantor lebih produktif karena lebih fokus
- Rapat di luar kantor menciptakan suasana kerja yang baru sehingga dapat membangkitkan banyak idea baru yang nilainya sangat mahal.
- Nilai dari hasil rapat yang produktif jauh lebih banyak daripada biaya rapatnya.
- Rapat di luar kantor menciptakan teamwork yang lebih kokoh karena bisa lebih saling mengenal selama rapat.
- Customer gathering meningkatkan loyalitas customers karena customers merasa diapresiasi.
Kita
juga mendengar perbandingan rapat di luar lebih banyak daripada di dalam
kantor. Lalu dimanakah rapat itu dilaksanakan jika di luar kantor? Ada beberapa
tempat diadakannya rapat di luar kantor, diantaranya hotel dan caffe.
Untuk
memulai rapat sebulumnya panitia rapat akan mencari tempat untuk rapat.
Contohnya di hotel dan di caffe. Namun apa yang terjadi di lapangan pembokingan
dilakukan via telpon kepada pihak hotel dan caffe. Hal tersebut di rasa kurang
efektif karena banyak membuang waktu dan materi. Kenapa demikian? Karna saat
penitia memesan ruang meeting di hotel dan di caffe tersebut via telpon akan
memakan waktu berbincang, seperti contoh : Costumer service dari hotel dan
hotel akan mencari terlebih dahulu tempat yang kosong dan yang sesuai dari
permintan pemesan. Hal itu akan memakan waktu dalam telepon.
Anda
pernah mendengar booking hotel online? Pasti pernah sering malahan di diiklan.
Namun anda pernah mendengar booking meeting room?
Inovasi
berawal dari hal kecil menjadi hal yang bermanfaat, ketika hal bermanfaat itu
terealisasikan makan inovasi tersebut akan menjadi besar. PT. Rajo Inovasi
Group ialah PT. yang akan didirikan untuk mengatasi dan mengubah priaku
konsumen dalam hal pemesanan meeting room.
PT.
Rajo Inovasi Group berawal dari Badan Usaha kecil yang bernama CV. Rajonet IT
Consultant & Visual Design. Untuk mencapai Inovasi dimulai dengan
pemunculan ide-ide baru, kemampuan untuk memunculkan ide-ide baru yang berguna
diistilahkan sebagai kreativitas. Kreativitas di definisikan sebagai kemampuan
untuk menghasilkan karya yang berguna dan baru. Karya baru tersebut harus
berbeda dari karya yang dihasilkan sebelumnya dan bersifat mengejutkan, dimana
ia tidak hanya sekedar sebagai tahapan logis berikutnya dalam rangkaian
solusi-solusi yang telah dikenal. Tingkat kebaruan dari sebuah produk dapat
diukur dari seberapa berbeda ia dari karya yang sebelumnya (yaitu, sebuah
pergeseran kecil atau sebuah lompatan besar) dan pengalaman-pengalaman audien
sebelumnya. Sebuah produk boleh jadi baru bagi orang yang membuatnya, tetapi
telah dikenal oleh kebanyakan orang lain. Dalam kasus ini, kita menybutnya
penemuan-kembali (reinvention). Sebuah produk ditempat lain didunia. Karya yang
paling kreativ adalah karya yang bersifat baru bagi sang produsen, baru bagi
audien local, dan baru pula bagi masyarakat yang lebih luas. Hal tersebut
membuat Perencanaan baru bagi Founder dari Rajonet untuk membuat inovasi baru
yang dilihat dari lingkungan sekitar. Lingkungan yang dilihat ini ialah dalam
segi prilaku konsumen dalam pelakasaan rapat yang rutin dilakukan.
PT.
Rajo Inovasi Group berencana akan mendirikan sebuah wadah Space Center yang
mana tempat tersebut merupakan pusat ruang aktivitas public, mulai dari tempat
makan hingga tempat meeting room.
PT.
Rajo Inovasi Group memiliki Bisns plan, Bisnis berarti keadaan dimana seseorang
atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan.
Lalu keuntungana apa yang di hasilkan oleh Bisnis plan ini?
1.Meeting
Centre
Meeting
Centre sesuai yang sudah dijelaskan fasilitasi ini yang akan diadakan dalam
gedung PT. Rajo Inovasi Group. Semua bentuk rapat akan memberikan fasilitas
kepada penggunanya. Di dalam Meeting Centre ini juga memiliki 3 kategori :
a. Standart Facility
b. Medium Facility
c. Full Facility
Ketiga
kategori diatas memiliki fasilitas yang berbeda-beda mulai dari ruanganya yang
di penuhi dengan properti AC, LED, Projector, Pen, Laser, Lamp dan sebagainya.
2. Workshop
Centre
Dengan
adanya fasilitas ini diharapkan konsumen tidak perlu lagi cari-cari tempat
untuk mengadakan workshop.
3. Seminar
Centre
Sama
halnya dengan workshop, konsumen yang akan mengadakan seminar tidak perlu lagi
mencari tempat untuk mengadakan seminar.
4. Training
and Private Centre
Bagi
yang memerlukan tempat training dan private juga disediakannya di PT. Rajo
Inovasi Group ini.
5. Sport
Centre
Menjadi
hal yang patut dipikirkan karena Sport Centre merupkan hal yang sangat di
gemari oleh sebagian besar orang, seperti football, tennis, volley, basket dan
mungkin juga adanya lapangan Golf dan Swimming Pool.
6. Resto
Centre
Resto
Centre merupakan pusat restorant atau tempat makan yang ada di fasilitas PT.
Rajo Inovasi Group, kenapa demikian? Diharapkan kepada konsumen yang mengunakan
fasilitas Meeting Centre, Workshop Centre, Sport Centre, Seminar Centre tidak
perlu lagi jauh untuk mencari makan, karena disediakannya tempat makan yang di
tempat ini.
Dengan
mengubah prilaku konsumen dalam memesan suatu tempat akan memudahkan juga
terhadap konsumen itu tersebut.
Beranjak
ke keuntungan, masalah ini pasti merupakan masalah yang sangat di perhitungkan
karena berdirinya usaha ialah untuk meraih keuntungan. Pertanyaannya dengan
mendirikan Space Centre ini dan mungkin makan dana yang cukup besar, akan
mengembalikan dari modal awal? Tentu lama. Untuk itu PT. Rajo Invoasi Group
memperluas sayapnya dnegan bekerja sama terhadap seluruh hotel dan caffe yang
ada di 34 Provinsi Indonesia dalam pemesanan meeting room ke hotel dan caffe
tersebut. Seperti halnya booking hotel yang pernah dilihat, namun dikerucutkan
tidak ada booking meeting room. Sekarang hadir untuk anda yang akan melakukan
meeting yang ada di perusahaan-perushaan di seluruh Indonesia. Karena kenapa?
Tidak mungkin perusahan A dengan Perushaan B akan melakukan meeting,
selanjutnya perushaan tersebut dating ke pusat yakni PT. Rajo Inovasi Group
intuk melakukan meeting yang mungkin posisinya yang jauh, bias saja
perusahaan-perushaan tersebut berada di Aceh sedangkan PT. Rajo Inovasi Group
ada di DKI Jakarta. Maka dengan kerja sama dengan hotel di seluruh Provinsi di
Indonesia akan meraih keuntungan yang maksimal dengan keuntungan satu hotel 5%.
Semisal contoh dalam 1 hari ada 5 hotel yang akan di tempati oleh
peruhsaan-peruhsaan yang mau mengadakan rapat. 1 hotel di bayar dengan biaya
Rp. 500.000 maka :
Rp.
500.000 x 5% = Rp. 25.000
Rp.
25.000 x 5 hotel = Rp. 125.000
Rp.
125. 000 x 34 provinsi = Rp. 4.250.000
Rp.
4.250.000 x 30 hari = Rp. 127.500.000 / Bulan
Maka
Rp. 127.500.000 / bulan dari kerja sama dengan hotel di inonesia diluar pusat
Space Center yang ada di Jakarta tadi.
Untuk
itu perencanaan ini memiliki prototype, berikut prototypenya :
0 komentar:
Posting Komentar