Assalamualaikum
Wr wb.
Salam,
gimana kabar sobat berinfo semua hari ini? semoga dalam lindungan Allah SWT.
Amiin.
Berinfo sekarang akan memberikan informasi
tentang "Bekerjasama dalam team" yuk, mari kita simak di bawah ini
pembahasannya!!
A. Pengertian
Kerjasama dan Team
Kerjasama
Kadalah pekerjaan yang biasanya dikerjakan oleh individu tapi dikerjakan secara
bersamaan oleh dua orang atau lebih dengan tujuan agar pekerjaan tersebut
menjadi lebih ringan.
Wujud
dari kerjasama bisa merupakan kerja kelompok ataupun kerja yang mencakup skala
luas misalnya kerjasama antar organisasi atau kerjasama antar negara (kerjasama
internasional).
Dengan
menerapkan konsep kerjasama maka kita akan mendapatkan kemudahan dalam
menyelesaikan pekerjaan yang berat atau membutuhkan kekuatan kelompok.
Team bisa diartikan sebagai kerja tim atau
kerjasama, team atau kerja sama tim
merupakan bentuk kerja kelompok dengan keterampilan yang saling melengkapi
serta berkomitmen untuk mencapai misi
yang sudah disepakati sebelumnya untuk mencapai tujuan bersama secara efektif
dan efisien. Harus disadari bahwa team merupakan peleburan berbagai pribadi
yang menjadi satu pribadi untuk mencapai tujuan bersama.Sebuah tim itu sangat
memebutuhkankemauan untuk saling bergandengan-tangan menyelesaikan pekerjaan.
Bisa jadi satu orang tidak menyelesaikan pekerjaan atau tidak ahli dalam
pekerjaan A, namun dapat dikerjakan oleh anggota tim lainnya. Inilah yang
dimaksudkan dengan kerja tim, beban dibagi untuk satu tujuan bersama serta
saling melengkapi antar sesama.
Saling
mengerti dan mendukung satu sama lain merupakan kunci kesuksesan dari team.
Jangan pernah mengabaikan pengertian dan dukungan ini. Meskipunsering terjadi
perbedaan pemahaman serta perselisihan antar pribadi, namun dalam tim harus
segera menyingkirkannya terlebih dahulu. Bila tidak kehidupan dalam tim jelas
akan terganggu, bahkan dalam satu tim bisa jadi berasal dari latar belakang
divisi yang berbeda yang terkadang menyimpan pula perselisihan. Oleh karena
itusangatlah penting untuk menjunjung
tinggi kesadaran akan kebersamaan sebagai anggota tim di atas segalanya.
Sementara
untuk membentuk dan membangun team yang
solid, tentu tidak semudah kita membalikan telapak
tangan, team
yang solid akan menciptakan hasil yang maksimal dalam suatu tim tersebut.
B. Prinsp Team
Prinsip-prinsi yang perlu diperhatikan dalam
membentuk suatu tim adalah sebagai berikut.
a.
Identitas
pribadi anggota tim
Faktor
saling percaya antar anggo if ta tim merupakan hal yang sangat penting. Oleh
karena itu setiap anggota tim harus saling mengenal identitas dan karakter
pribadi masing-masing. Suatu tim tidak akan dapat berjalan secara efektif jika
para anggotanya tidak merasa cocok satu sama lain.
b.
Hubungan
antar anggota tim
Agar
setiap anggota tim dapat bekerjasama, mereka tentu saja harus saling mengenal,
saling berhubungan, dan saling berkomunikasi. Untuk itu dibutuhkan waktu bagi
anggota tim yang berasal dari berbagai latar belakang pendidikan, politik, dan
status sosial budaya yang berbeda-beda untuk saling mengenal dan bekerjasama.
Bekerja dalam bentuk tim akan lebih efektif dari
pada bekerja sendiri-sendiri. Untuk memahami apa saja manfaat dan tujuan
bekerja dalam tim dapat diikuti uraian berikut ini.
1. Fungsi dan manfaat bekerja dalam tim
Bekerja dalam tim memiliki banyak fungsi dan
manfaat. Fungsi bekerja dalam tim antara lain dapat mengubah sikap, perilaku,
dan nilai-nilai pribadi, serta dapat turut serta dalam mendisiplinkan anggota
lainnya. Selain itu tim dapat digunakan untuk pengambilan keputusan, merundingkan,
dan bernegosiasi (bargaining). Anggota tim dengan latar belakang yang
berbeda-beda mungkin saja membawa perspektif atau pengaruh positif terhadap
proses pengambilan keputusan.
Secara lebih rinci manfaat bekerja dalam tim adalah
sebagai berikut:
a. Manfaat
bagi organisasi
a. Meningkatkan
produktivitas kerja
b. Meningkatkan
kualitas kerja
c. Meningkatkan
mentalitas kerja
d. Meningkatkan
kemajuan organisasi
e. Stress
atau beban akibat pekerjaan akan berkurang
f. Tanggungjawab
atas pekerjaan dipikul bersama
g. Memperoleh
balas jasa dan penghargaan
h. Sebagai
media aktualisasi diri
i. Dapat
menyalurkan bakat dan kemampuannya
C. Menyadari Tujuan, Tugas Dan Tanggungjawab
Dalam Tim
Setiap anggota tim tentu saja harus menyadari
tujuan, tugas, dan tanggungjawabnya. Bagaimana menyadari tujuan, tugas, dan
tanggungjawab dalam tim dapat dijelaskan sebagai berikut.
1. Tugas dan tanggungjawab anggota tim
Secara umum tugas dan tanggungjawab anggota tim
adalah sebagai berikut.
1. Mewujudkan
tujuan dan misi tim
2. Memelihara
kebersamaan dalam tim
3. Mematuhi
dan melaksanakan ketentuan atau norma yang berlaku
4. Merealisasikan
tugas dan pekerjaan dengan sebaik-baiknya
5. Menjaga
nama baik dan kerahasiaan tim
6. Menjamin
kelancaran pelaksanaan tugas dan pekerjaan tim
7. Memberikan
kontribusi yang nyata dalam memajukan kerjasama tim
2. Tugas dan tanggungjawab pimpinan tim
Kepemimpinan pada dasarnya merupakan proses
manajemen dalam rangka memberikan pengaruh, bimbingan, dan pengarahan terhadap
kegiatan yang berhubungan dengan tugas dan tanggungjawabnya.
3. Tugas dan tanggungjawab terhadap anggota
yang pasif
Dalam kerja tim tidak ada istilah keberhasilan
individu, melainkan keberhasilan tim. Setiap anggota tim diharapkan dapat
mengerahkan segenap kemampuannya untuk tim.
Jika dalam suatu tim terdapat anggota yang pasif,
maka hal ini harus segera diatasi. Karena bagi sebuah teamwork, rekan kerja
yang pasif akan mengganggu kerjasama tim. Mengeluarkan si pasif dari kelompok
tentu saja bukan tindakan yang bijaksana.
4. Strategi pelaksanaan tugas dan tanggungjawab
bekerja dalam tim
Pembentukan suatu tim tentu saja tidak dengan
sendirinya akan dapat berjalan efektif sebagaimana yang diharapkan. Oleh karena
itu diperlukan strategi untuk mengatasi berbagai kendala dan hambatan yang
muncul.
Dalam hal ini King (dalam Goetsch dan Davis, 1994)
menganjurkan 10 strategi yang ia sebut Sepuluh Perintah Tim (Ten Team
Commandment) untuk meningkatkan kineja suatu tim. Sepuluh perintah tim tersebut
adalah sebagai berikut.
1.
Saling ketergantunga
2.
Perluasan tugas
3.
Pensejajaran (alignment)
4.
\Bahasa yang umum
5.
Kepercayaan/respek
6.
Kepemimpinan yang dibagi rata
7.
Penilaian atau tindakan
8.
Perayaan atas kesuksesan tim
Sumber
Referensi:
www.dwijo.com/2012/02/pengertian-kerjasama.html
http://abdilahkhusu25.blogspot.com/2013/05/bekerja-sama-dalam-teamkelompok.html
http://febriansyah-borek.blogspot.com/2013/10/pengertian-team-work-kerja-sama-team.html
http://k2ichsan.blogspot.com/2013/01/bkp-bekerja-dalam-satu-tim-1.html
http://k2ichsan.blogspot.com/2013/01/bkp-bekerja-dalam-satu-tim-1.html
0 komentar:
Posting Komentar