Minggu, 16 Maret 2014

Bekerjasama Dalam Team

Assalamualaikum Wr wb.
Salam, gimana kabar sobat berinfo semua hari ini? semoga dalam lindungan Allah SWT. Amiin.
 Berinfo sekarang akan memberikan informasi tentang "Bekerjasama dalam team" yuk, mari kita simak di bawah ini pembahasannya!!

A. Pengertian Kerjasama dan Team
Kerjasama Kadalah pekerjaan yang biasanya dikerjakan oleh individu tapi dikerjakan secara bersamaan oleh dua orang atau lebih dengan tujuan agar pekerjaan tersebut menjadi lebih ringan.
Wujud dari kerjasama bisa merupakan kerja kelompok ataupun kerja yang mencakup skala luas misalnya kerjasama antar organisasi atau kerjasama antar negara (kerjasama internasional).
Dengan menerapkan konsep kerjasama maka kita akan mendapatkan kemudahan dalam menyelesaikan pekerjaan yang berat atau membutuhkan kekuatan kelompok.
Team  bisa diartikan sebagai kerja tim atau kerjasama, team  atau kerja sama tim merupakan bentuk kerja kelompok dengan keterampilan yang saling melengkapi serta berkomitmen untuk mencapai  misi yang sudah disepakati sebelumnya untuk mencapai tujuan bersama secara efektif dan efisien. Harus disadari bahwa team merupakan peleburan berbagai pribadi yang menjadi satu pribadi untuk mencapai tujuan bersama.Sebuah tim itu sangat memebutuhkankemauan untuk saling bergandengan-tangan menyelesaikan pekerjaan. Bisa jadi satu orang tidak menyelesaikan pekerjaan atau tidak ahli dalam pekerjaan A, namun dapat dikerjakan oleh anggota tim lainnya. Inilah yang dimaksudkan dengan kerja tim, beban dibagi untuk satu tujuan bersama serta saling melengkapi antar sesama.
Saling mengerti dan mendukung satu sama lain merupakan kunci kesuksesan dari team. Jangan pernah mengabaikan pengertian dan dukungan ini. Meskipunsering terjadi perbedaan pemahaman serta perselisihan antar pribadi, namun dalam tim harus segera menyingkirkannya terlebih dahulu. Bila tidak kehidupan dalam tim jelas akan terganggu, bahkan dalam satu tim bisa jadi berasal dari latar belakang divisi yang berbeda yang terkadang menyimpan pula perselisihan. Oleh karena itusangatlah  penting untuk menjunjung tinggi kesadaran akan kebersamaan sebagai anggota tim di atas segalanya.
Sementara untuk membentuk dan membangun team  yang solid, tentu tidak semudah kita membalikan telapak
 tangan, team  yang solid akan menciptakan hasil yang maksimal dalam suatu tim tersebut.

B. Prinsp Team
Prinsip-prinsi yang perlu diperhatikan dalam membentuk suatu tim adalah sebagai berikut.
a.      Identitas pribadi anggota tim
                        Faktor saling percaya antar anggo if ta tim merupakan hal yang sangat penting. Oleh karena itu setiap anggota tim harus saling mengenal identitas dan karakter pribadi masing-masing. Suatu tim tidak akan dapat berjalan secara efektif jika para anggotanya tidak merasa cocok satu sama lain.
b.      Hubungan antar anggota tim
                        Agar setiap anggota tim dapat bekerjasama, mereka tentu saja harus saling mengenal, saling berhubungan, dan saling berkomunikasi. Untuk itu dibutuhkan waktu bagi anggota tim yang berasal dari berbagai latar belakang pendidikan, politik, dan status sosial budaya yang berbeda-beda untuk saling mengenal dan bekerjasama.
Bekerja dalam bentuk tim akan lebih efektif dari pada bekerja sendiri-sendiri. Untuk memahami apa saja manfaat dan tujuan bekerja dalam tim dapat diikuti uraian berikut ini.
1.   Fungsi dan manfaat bekerja dalam tim
Bekerja dalam tim memiliki banyak fungsi dan manfaat. Fungsi bekerja dalam tim antara lain dapat mengubah sikap, perilaku, dan nilai-nilai pribadi, serta dapat turut serta dalam mendisiplinkan anggota lainnya. Selain itu tim dapat digunakan untuk pengambilan keputusan, merundingkan, dan bernegosiasi (bargaining). Anggota tim dengan latar belakang yang berbeda-beda mungkin saja membawa perspektif atau pengaruh positif terhadap proses pengambilan keputusan.
Secara lebih rinci manfaat bekerja dalam tim adalah sebagai berikut:
a.         Manfaat bagi organisasi
a.         Meningkatkan produktivitas kerja
b.         Meningkatkan kualitas kerja
c.         Meningkatkan mentalitas kerja
d.         Meningkatkan kemajuan organisasi
e.         Stress atau beban akibat pekerjaan akan berkurang
f.          Tanggungjawab atas pekerjaan dipikul bersama
g.         Memperoleh balas jasa dan penghargaan
h.         Sebagai media aktualisasi diri
i.          Dapat menyalurkan bakat dan kemampuannya

C.   Menyadari Tujuan, Tugas Dan Tanggungjawab Dalam Tim
Setiap anggota tim tentu saja harus menyadari tujuan, tugas, dan tanggungjawabnya. Bagaimana menyadari tujuan, tugas, dan tanggungjawab dalam tim dapat dijelaskan sebagai berikut.
1.   Tugas dan tanggungjawab anggota tim
Secara umum tugas dan tanggungjawab anggota tim adalah sebagai berikut.
1.         Mewujudkan tujuan dan misi tim
2.         Memelihara kebersamaan dalam tim
3.         Mematuhi dan melaksanakan ketentuan atau norma yang berlaku
4.         Merealisasikan tugas dan pekerjaan dengan sebaik-baiknya
5.         Menjaga nama baik dan kerahasiaan tim
6.         Menjamin kelancaran pelaksanaan tugas dan pekerjaan tim
7.         Memberikan kontribusi yang nyata dalam memajukan kerjasama tim

2.   Tugas dan tanggungjawab pimpinan tim
Kepemimpinan pada dasarnya merupakan proses manajemen dalam rangka memberikan pengaruh, bimbingan, dan pengarahan terhadap kegiatan yang berhubungan dengan tugas dan tanggungjawabnya.
3.   Tugas dan tanggungjawab terhadap anggota yang pasif
Dalam kerja tim tidak ada istilah keberhasilan individu, melainkan keberhasilan tim. Setiap anggota tim diharapkan dapat mengerahkan segenap kemampuannya untuk tim.
Jika dalam suatu tim terdapat anggota yang pasif, maka hal ini harus segera diatasi. Karena bagi sebuah teamwork, rekan kerja yang pasif akan mengganggu kerjasama tim. Mengeluarkan si pasif dari kelompok tentu saja bukan tindakan yang bijaksana.
4.   Strategi pelaksanaan tugas dan tanggungjawab bekerja dalam tim
Pembentukan suatu tim tentu saja tidak dengan sendirinya akan dapat berjalan efektif sebagaimana yang diharapkan. Oleh karena itu diperlukan strategi untuk mengatasi berbagai kendala dan hambatan yang muncul.
Dalam hal ini King (dalam Goetsch dan Davis, 1994) menganjurkan 10 strategi yang ia sebut Sepuluh Perintah Tim (Ten Team Commandment) untuk meningkatkan kineja suatu tim. Sepuluh perintah tim tersebut adalah sebagai berikut.
1.                  Saling ketergantunga
2.                  Perluasan tugas
3.                  Pensejajaran (alignment)
4.                  \Bahasa yang umum
5.                  Kepercayaan/respek
6.                  Kepemimpinan yang dibagi rata
7.                  Penilaian atau tindakan
8.                  Perayaan atas kesuksesan tim


Sumber Referensi:
www.dwijo.com/2012/02/pengertian-kerjasama.html‎
http://abdilahkhusu25.blogspot.com/2013/05/bekerja-sama-dalam-teamkelompok.html
http://febriansyah-borek.blogspot.com/2013/10/pengertian-team-work-kerja-sama-team.html
http://k2ichsan.blogspot.com/2013/01/bkp-bekerja-dalam-satu-tim-1.html
http://k2ichsan.blogspot.com/2013/01/bkp-bekerja-dalam-satu-tim-1.html



0 komentar:

Posting Komentar